Minggu, 07 Juli 2013

Kandungan Dan Manfaat Milk Thistle Untuk Kesehatan


bunga milk thistle
Tanaman ini bernama Milk Thistles yang merupakan tanaman berbunga dari keluarga Asteraceae, genus Silybum.

Tanaman ini merupakan tanaman asli dari wilayah Mediterania, Eropa, Afrika Utara serta Timur Tengah. Dan hingga saat ini milk thistle  tersebar luas di berbagai belahan dunia, termasuk di Amerika  Utara.

Tanaman ini dikenal sebagai tanaman liar dengan nama ilmiah Silybum marianum. Dinamakan dengan silybum karena mengacu pada bahan aktif yang terkandung didalamnya yaitu silibium atau silymarin. Kandungan silymarin banyak terdapat pada bagian bijinya yang berwarna hitam. 

Milk thistle memiliki kandungan senyawa yang aktif yang disebut flavonoid. Flavonoid yang dimiliki bunga ini adalah silybin, silydianin, serta silychristin. Ketiga senyawa tersebut secara bersamaan disebut juga dengan nama silymarin. Sehingga orang-orangs ering menyebut milk thistle dengan nama silymarin.

Silymarin atau silybinin ini memiliki peranan sebagai antioksidan yang dapat melindungi kita dari radikal bebas. Sehingga senyawa ini sering terkandung dalam berbagai produk perawatan kulit karena antioksidannya efektif untuk mengurangi resiko kanker kulit.

biji milk thistle
Silymarin juga dapat melindungi organ hati dengan cara merangsang pembentukan sel-sel hati yang baru.

Dengan cara menghambat pembentukan peroxidation, silymarin mampu mengurangi serta melindungi organ hati dari adanya kerusakan yang disebabkan karena konsumsi alkohol, jamur beracun, obat-obatan serta berbagai racun lainnya. 

Untuk metode pengobatan penyakit dalam, dibuat ramuan semacam jamu yang terbuat dari biji milk thistle. Ramuan ini ternyata telah dipakai lebih dari 2000 tahun yang lalu sejak zaman Yunani serta Romawi kuno. 

Saat ini juga telah tersedia teh dari milk thistle. Namun yang perlu anda ingat agar lebih berhati-hati. Silymarin sebagai bahan aktif yang terkandung di dalam milk thistle tidak mudah larut dalam air, melainkan dilarutkan dengan menggunakan alkohol

Maka, bila anda ingin mencoba ekstrak milk thistler anda harus memastikan standarisasi dari cara pemprosesan ekstrak milk thistler tersebut, serta perusahaan yang telah memiliki standarisasi yang bagus dalam pemprosesan dan juga memperhatikan dosis yang telah dianjurkan. 

Kegunaan milk thistle yang telah diujicobakan pada manusia dan atau binatang. Keamanan dan efektivitasnya tidak selalu sama untuk setiap orang. Pada beberapa kasus yang serius harus dievaluasi oleh tim kesehatan yang memenuhi kualifikasi.

Bila, anda memiliki sel yang terkena radiasi ultraviolet, anda pasti memiliki keinginan untuk mengobati atau menghilangkannya agar tidak terjadi kanker. Dalam sebuah penelitian ternyata silibium  dapat mengobati serta menghilangkan resiko kanker kulit.

Penelitian pertama berfokus pada sel kulit manusia yang terkena radiasi sinar ultraviolet. Kemudian sejumlah peneliti mengobati sejumlah sel yang terkena paparan radiasi ultraviolet dengan menggunakan silibium. Dan ternyata berhasil. 

 Menurut salah seorang peneliti dari Amerika mengungkapkan bahwa, milk thistle memiliki manfaat dapat memberikan perlindungan pada hati anak-anak yang akan menerima pengobatan kanker dengan metode kemoterapi.

Penelitian tersebut juga telah meliputi seluruh aspek penggunaan milk thistle dalam mengobati penyakit kanker, serta  dalam melawan penyakit lain seperti hepatitis C, diabetes, bahkan HIV. Dan berkat kemampuannya yang luar biasa, milk thistle dinobatkan sebagai salah satu tumbuhan super antikanker.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar