Senin, 01 Juli 2013

Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan


Manfaat buah belimbing
Belimbing memiliki nama ilmiah Averrhoa Carambola L , merupakan buah yang sangat populer di Indonesia. Karena bentuknya yang unik serta manfaatnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Dengan rasanya yang begitu khas dan mudah sekali ditemukan di pasaran membuat belimbing semakin populer

Buah dengan bentuk seperti bintang ini juga dinamakan starfruit memiliki ciri berwarna hijau kekuningan saat masih muda dan berubah menjadi kuning kemerahan saat sudah masak. Biji kecil-kecil berwarna coklat, dengan rasa yang manis asam serta mengandung banyak air.

Selain dapat tumbuh di iklim tropis belimbing juga dapat tumbuh di tempat yang beriklik subtropis seperti Hawaii serta Amerika.

Dalam buah belimbing terkandung banyak vitamin dan mineral seperti Vitamin A, C dan E, serat, protein, asam folat, natrium, kalium, fosfor,  magnesium serta kalsium.

Dengan banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya maka dapat menunjang kesehatan dalam tubuh kita. 

Buah belimbing memiliki manfaat untuk meredakan berbagai macam penyakit seperti diabetes, kolesterol, radang tenggorokan, batuk hingga demam

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi pada belimbing juga mampu menjadi obat anti kanker. Bahkan dipercaya juga mampu mengobati penyakit malaria.

Buah belimbing mengandung serat yang bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan serta akan menjauhkan kita dari kanker usus besar.

Belimbing juga mengandung pektin yang terdapat di kulit buahnya, memiliki kemampuan untuk menghancurkan lemak serta kolesterol dalam darah sehingga bisa dijadikan sebagai menu untuk diet.

Mencegah penyakit pengerasan pada organ hati atau hepatitis serta asam empedu yang terdapat dalam usus serta membantu melancarkan pembuangan asam empedu.

buah belimbing
Jus buah belimbing yang memiliki rasa yang segar dapat menyegarkan kembali tubuh kita serta mengusir rasa lelah.

Belimbing juga mengandung banyak air yang akan mencegah kita dari bahaya dehidrasi. 

Selain buahnya, bagian lain dari tanaman belimbing juga bisa untuk dijadikan obat. Akarnya bisa menyembuhkan sakit kepala, serta nyeri pada persendian. Daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi radang lambung, sakit kulit yang bernanah, serta bisul.

Selain memiliki banyak manfaat, belimbing juga sangat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebab belimbing memiliki kadar gula yang tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

Juga pengidap penyakit ginjal disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini sebab dapat memperparah penyakitnya. Sebab belimbing mengandung asam oxalat yang relatif tinggi.

Selain itu belimbing mengandung senyawa racun yang dapat mempengaruhi otak serta saraf dimana apabila di konsumsi oleh pengidap penyakit ginjal, maka dikhawatirkan racun tersebut tidak dapat disaring serta dibuang sehingga dapat memperparah keadaan ginjal pada tubuhnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar