Rabu, 15 Mei 2013

Fakta Tentang Kanker Prostat

Seperti yang kita ketahui, kanker prostat merupakan jenis kanker yang menyerang pria di seluruh dunia.

Bahkan ada sebuah studi terbaru di negara Prancis yang menyebutkan bahwa pria yang mengalami kebotakan dini memiliki kemungkinan resiko terserang kanker prostat dua kali lebih besar di kemudian hari.

Tapi hingga saat ini hasil penelitian tersebut masih perlu untuk lebih diperdalam lagi. Seperti halnya jenis kanker yang lainnya, kanker prostat juga memiliki banyak fakta yang cukup unik dan menarik. 

Mari kita simak bersama-sama apa saja fakta-fakta tentang kanker prostat:

  • Penyakit yang menjangkiti orang tua.
Menurut sebuah institut kesehatan, kanker prostat umumnya menyerang pria yang berusia  65 tahun ke atas serta jarang sekali ditemukan pada pria yang berumur di bawah 40 tahun. Selain itu, Centers for Desease Control and Prevention, menyebutkan bahwa kanker prostat merupakan penyakit pembunuh pria nomor dua setelah kanker kulit. 

  • Pemeriksaan yang bersifat kontroversial
Tes untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit kanker prostat yang selalu menjadi pokok bahasan yang bersifat kontroversial yaitu PSA atau Prostate Specific Antigen yang melalui pemeriksaa darah si pasien. Kebanyakan para pakar dan ilmuwan menyatakan bahwa para pria sebenarnya tidak perlu untuk melakukan tes seperti ini. Tapi, pihak instansi kesehatan yang lainnya menyebutkan bahwa tes PSA dapat mendeteksi kanker prostat secara dini sehingga penyakit ini dapat diobati sejak dini.
  • Sering terjadinya overdiagnosis.
Terkait dengan tes PSA, menurut penelitian di Eropa, setengah dari pria yang menjalani metode tes PSA sebenarnya dalam keadaan sehat serta tidak terjangkit kanker prostat. Alasan ini juga merupakan salah satu hal yang membuat kebanyakan pada ahli medis yang memperdebatkan tentang penting tidaknya metode tes PSA bagi si pasien untuk melakukannya maupun tidak.
  • Selalu memantau keadaan penyakit.
Karena kanker prostat dinilai merupakan jenis penyakit kanker yang pertumbuhannya cenderung lambat serta tidak mematikan, hal ini membuat mayoritas pasiennya meninggalkan proses pengobatan serta cenderung menjadi malas untuk memantau penyakit yang dideritanya. Hal ini akan berakibat fatal jika secara tiba-tiba kanker yang dideritanya akan bertumbuh serta menjadi agresif.

  • Mengurangi risiko

sayur dan buah segar
Cara yang paling utama bagi para pria untuk menghindari penyakit kanker prostat adalah dengan menjalani diet yang sehat. Selain itu juga, para pakar dalam National Institutes of Health juga menyebutkan bahwa, ternyata vegetarian memiliki resiko yang lebih rendah untuk terserang berbagai jenis kanker. Hal ini dikarenakan lycopene yang terkandung pada tomat yang disebut-sebut sebagai obat untuk menurunkan resiko kanker prostat.

  • Perbandingan yang kecil
Sebanyak 1 orang pria dari 10.000 pria yang berusia dibawah 40 tahun yang mengembangkan kanker prostat, sedangkan 1 dari 8 orang yang berusia 65 hingga 80 taun yang menderita kanker prostat.

  • Beda ras beda tingkat resiko.
Untuk beberapa alasan yang belum dapat diketahui secara pasti, tingkat terjadinya kanker prostat  antara ras kulit hitam lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelompok ras yang lain. Fakta yang lainnya juga menyebutkan bahwa, semakin tinggi tingkat hormon testosteron pada seseorang pria ikut bertanggung jawab dengan resiko kanker prostat.

  • Jumlah yang meninggal.
Kebanyakan para pria pengidap kanker prostat meninggal dengan kanker prostat, namun bukan meninggal dikarenakan kanker prostat yang ia alami.

  • Hubungan diet lemak.
Walaupun masih belum dapat diketahui kebenarannya serta masih belum dapat terbukti secara nyata, diperkirakan bahwa diet yang tinggi lemak akan dapat memicu peningkatan produksi  hormon testosteron. Yang nantinya dapat menyebabkan kanker prostat.

  • Kurang olahraga.

tetap berolahraga

Kurangnya olahraga serta aktivitas fisik, dapat menyebabkan kesehatan tubuh menjadi memburuk serta membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit, termasuk masalah pada prostat.

  • Faktor genetik.
Pria yang memiliki tiga generasi di atasnya mengidap kanker prostat, maka dirinya memiliki kecenderungan 10 kali lebih banyak kemungkinkan terserang kanker prostat.

  • Hormon testosteron.
Prostat membutuhkan waktu yang lama serta hormon testosteron untuk dapat berkembang menjadi kanker yang menakutkan. Sebenarnya testosteron tidak menyebabkan munculnya kanker prostat, namun hormon ini sangat penting sekali bagi kanker prostat untuk dapat berkembang.
Semoga berbagai informasi tentang fakta kanker prostat ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk tetap berolahraga serta melakukan pola hidup sehat untuk menghindari berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang anda setiap saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar