Sabtu, 18 Mei 2013

Sayuran Untuk Pengidap Diabetes


sayur dan buah segar
Ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk tetap mempertahankan kesehatan kita. Salah satunya adalah selalu mengkonsumsi sayur-sayuran yang kaya akan serat serta banyak manfaat untuk kita. 

Menghindari konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi saja tidaklah cukup. Asupan sayuran akan sangat membantu dalam meningkatkan taraf kesehatan bagi penderita diabetes.  

Kali ini kami akan mengetengahkan sayuran untuk penderita diabetes yang baik dan menguntungkan, seperti dibawah ini: 

  • Kentang
Kentang merupakan makanan yang baik untuk kesehatan, dan dapat dijadikan alternatif pengganti nasi. Hanya saja anda harus lebih berhati-hati saat mengkonsumsi kentang, yaitu jangan mengkonsumsi kentang ditemani dengan jenis makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi.
Kentang relatif rendah kadar glikemik indeks nya, memiliki cukup serat, serta dapat menyediakan banyak nutrisi sehingga bagus untuk tubuh.

  • Tomat
Tomat tidak mengandung zat tepung, serta mengandung lycopene yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.
Tomat dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara yang anda sukai, baik dimasak maupun mentah. Cukup masukkan tomat ke dalam menu makan anda sehari-hari, untuk mendapatkan manfaatnya.

  • Asparagus
Asparagus mengandung kalori serta karbohidrat yang relatif rendah. Maka cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes yang masuk kategori hiperglikemia atau memiliki kadar gula yang tinggi dalam darah, serta orang yang sedang menjalani diet rendah kalori.    
Mengkonsumsi asparagus tidak akan menaikkan nilai kadar gula darah anda, serta memiliki banyak vitamin yaitu vitamin B3 dan B9 atau yang lebih dikenal dengan nama folat. Vitamin B3 memiliki beberapa fungsi yaitu, untuk menjaga kestabilan kadar gula dalam darah, menyerap lemak, menurunkan kolesterol, serta menjaga keseimbangan genetis sel-sel tubuh. 

  • Bawang bombai
Bila anda memiliki kadar gula dan kolesterol yang melebihi batas normal, anda bisa mencoba mengkonsumsi bawang bombai secara rutin untuk menurunkannya. Bawang juga bagus untuk menjaga kesehatan kardiovaskular anda. Sehingga sangat baik untuk menjaga kestabilan gula darah dan kolesterol dalam tubuh kita. 
 
  • Beligo
Umumnya, beligo digunakan sebagai obat penurun demam, mengobati radang pada tenggorokan serta untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Dalam sebuah percobaan telah terbukti bahwa beligo mampu menurunkan kadar gula pada pasien diabetes.
Menurunnya kadar gula dikarenakan adanya penurunan karbohidrat yang di serap oleh tubuh. Beligo mampu menyerap dan mengikat karbohidrat dengan seratnya serta dapat meningkatkan aktivitas insulin di dalam tubuh kita. 

  • Brokoli
Dengan mengkonsumsi brokolo, anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Selain memiliki serat yang nantinya akan mengurangi asupan gula dalam darah, brokoli juga mengandung kromium yang sangat efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah anda.
Kromium adalah unsur mikro yang dapat bekerja secara aktif untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah. Maka, dengan manambahkan brokoli dalam menu anda sehari-hari anda akan mendapatkan semua keuntungan dan manfaatnya yang bagus untuk anda. 

  • Cabai
Para ahli gizi di dunia barat juga menggunakan cabai sebagai sarana untuk menurunkan kadar gula bagi para penderita diabetes. Cabai memiliki senyawa dihydrocapsaiscin atau biasa disebut DHC yang dapat menurunkan kadar gula darah.
Senyawa ini mampu merangsang metabolisme karbohidrat sehingga jumlah gula yang diserap oleh tubuh tidak terlalu berlebihan. Selain itu cabai juga dapat menurunkan kadar kolesterol serta dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh kita. 

  • Kangkung
Kangkung merupakan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Kangkung kaya akan zat besi, kalsium serta riboflavindan juga vitamin yang memiliki peran sebagai antioksidan yaitu vitamin A dan C. kangkung mengandung karotenoid yaitu pigmen tumbuhan yang nantinya akan dirubah menjadi vitamin A.
Selain itu kangkung memiliki efek antidiabetes yaitu dengan cara menyerap zat gula pada tubuh anda, sehingga akan menstabilkan kadar gula dalam darah anda. 

  • Kembang kol
Terkadang penderita diabetes memiliki keinginan untuk mengkonsumsi yang manis-manis. Ada alternatif lain yang dapat mengganti menu makanan yang mengandung gula, yaitu dengan cara menyantap sup kembang kol.
Selain itu kembang kol memiliki vitamin B1, B3, B5, B6, B9 serta vitamin K. berbagai vitamin itu memiliki peranan yang sangat penting dalam proses metabolisme lemak, protein dan karbohidrat.
  • Kubis
kubis
Orang yang suka mengkonsumsi kubis pada umumnya memiliki kadar gula yang relatif normal. Sebab kubis memiliki sulfur yang memiliki aktivitas yang serupa dengan insulin,
Unsur sulfur juga memiliki kemapuan dapat memperpanjang alur penyerapan dan bahkan dapat  menghambat penyerapan dektrosa. Dengan cara itu maka gula tidak akan terserap oleh tubuh sehingga tidak menyebabkan adanya peningkatan kadar gula darah.
Hal ini tentu membuat kubis sangat bagus sekali untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun hiperglikemia.

  • Oyong
Oyong sering kali digunakan untuk mengobati diabetes. Selain diolah menjadi sayur, ekstrak buah oyong yang tua dapat digunakan sebagai terapo pengobatan alami untuk menurunkan kadar gula darah.
Kemampuan oyong sebagai antidiabetes telah diuji secara ilmiah. Bagian yang mengandung zat kimia alami yang bersifat antidiabetes adalah bijinya. Biji oyong mampu menurunkan kadar gula darah.
Anda tidak perlu repot-repot untuk mengekstrak biji oyong. Cukup masukkan oyong kedalam sayuran atau sup agar anda bisa mendapatkan manfaatnya. 

  • Wortel
Mayoritas penderita diabetes merasa khawatir untuk mengkonsumsi wortel. Selama konsumsi dalam prosi yang wajar, apa yang perlu di risaukan. Konsumsi wortel tidak memberikan efek yang berbahaya bagi penderita diabetes.
Serat yang dimiliki wortel akan mengimbangi gula yang banyak dalam tubuh kita, sehingga memperlancar pencernaan serta tidak akan terjadi penimbunan gula dalam darah. Wortel memiliki karotenoid yang justru dapat menurunkan kadar gula dalam darah anda. 

  • Zukini
Zukini juga kaya akan betakaroten yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah anda. Sehingga cocok untuk para penderita diabetes. Dalam penelitian disebutkan bahwa betakaroten akan meningkatkan resistensi hormon insulin sehingga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
Selain itu betakaroten juga dapat mencegah inflamasi. Sehingga zukini juga sangat berguna bagi penderita asma serta osteoarthritis yang disebabkan karena adanya inflamasi. Zukini juga memiliki vitamin C yang jika bergabung dengan betakaroten akan bekerja sebagai antioksidan yang bagus untuk tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar