Senin, 27 Mei 2013

Gula Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung

Anda suka dengan makanan yang manis-manis seperti donat, kue kering, atau cake yang sering kali menjadi pilihan sebagai makanan selingan? Sebaiknya mulai saat ini kurangi atau jika anda memang bisa, maka hentikan kebiasaan buruk itu.

Gula Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung
Di negara maju seperti di Amerika, telah tercatat bahwa kadar gula pada tubuh cenderung naik pada setiap tahunnya. 

Peningkatan ini terjadi seiring dengan begitu banyaknya produsen makanan dan minuman olahan yang biasanya melakukan penambahan gula serta kalori dalam jumlah yang besar ke dalam produk-produk olahannya seperti roti, sereal dan bahkan saus pasta

Bukan hanya itu saja, bahkan ada salah satu produk air mineral dalam bentuk kemasan yang ternyata juga telah ditambah dengan gula, yaitu sekitar 3 sendok teh pada setiap kemasan yang berukuran sekitar 8 ons

Kelebihan kadar gula dalam tubuh manusia tidak hanya dapat menimbulkan berbagai macam penyakit klasik seperti diabetes saja, namun juga dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang lain.


Dengan kelebihan gula sudah pasti akan membuat tubuh anda menjadi gemuk, yang nantinya lama kelamaan akan timbul efek-efek negatif yang diakibatkan karena berat badan tersebut. Pada orang dewasa, berat badan berlebih dapat menjadi tanda yang memicu timbulnya diabetes

Walaupun tidak ada korelasi secara langsung antara konsumsi gula dengan diabetes, namun para ahlit tetap menyakini bahwa konsumsi gula secara berlebihan dapat membuat berat badan semakin bertambah.  

makanan manis
Dengan adanya kadar gula yang berlebihan dalam tubuh, maka dapat menghambat masuknya vitamin A, B12, C, serta folat yang merupakan bahan utama untuk membangun tubuh manusia. Vitamin memiliki fungsi untuk menguatkan tulang, selain kalsium, zat besi serta magnesium.

Jadi bisa dibayangkan bila asupan yang penting ini terhambat karena adanya kadar gula yang berlebihan, maka anda akan menderita penyakit seperti osteoporosis serta penyakit jantung

Selain itu gula juga merupakan salah satu sumber karbohidrat. Jadi bagaimana cara yang aman untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat untuk tubuh kita? Anda bisa memilih sumber gula yang alami yang umumnya terdapat pada buah-buahan, sayur atau susu. 

Saat kita kekurangan gula, maka tubuh akan menjadi lemas. Apalagi pada sore hari. Kebutuhan ini haruslah dipenuhi lagi dengan cara mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula dengan cepat. 

Terkadang rasa lemas yang kita rasakan itu hanyalah merupakan sugesti saja. Ketika anda merasakan hal seperti itu umumnya anda akan mengambil permen atau minum minuman yang manis untuk mengisi kembali energi anda. 

Namun manfaatnya hanya dapat dirasakan selama beberapa jam saja. Anda juga harus ekstra waspada akan efek manis dari gula bagi kesehatan gigi anda. 

Cobalah untuk lebih selektif dengan cara membaca tabel terlebih dahulu sebelum membeli bahan makanan.

Kadar gula tidak hanya pada identifikasi glukosa, namun juga fruktosa, sukrosa, laktorsa, serta maltose yang kesemuanya merupakan turunan dari gula.

Anda sangat disarankan untuk memiliki makanan dengan kadar gula yang rendah atau bahkan tanpa ada pemanis apapun. Lebih baik anda menambahkan sendiri gula pada makanan tersebut. 

Produk oatmeal misalnya, memiliki sekitar 4 sendok teh gula tambahan pada setiap kemasan.

Kemungkinana anda masih menambahkan gula lagi sekitar satu sendok teh untuk mendapatkan rasa manis yang cocok bagi lidah anda.  

Cara untuk mengurangi kecanduan rasa manis, anda dapat mengurangi takaran gula yang anda tambahkan secara sedikit demi sedikit. Hal yang sama juga berlaku pada kebiasaan anda saat minum teh atau kopi

Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan segar untuk memanjakan selera anda akan rasa manis. Buah apel sepertinya cocok untuk anda, karena selain dapat dibilang manis, apel juga memiliki banyak serat yang dapat membantu kesehatan organ pencernaan anda.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar