Kamis, 30 Mei 2013

Jenis Kanker Yang Mematikan

Kanker telah menjadi salah satu penyebab yang paling utama kematian di seluruh dunia, dan tak terkecuali di Indonesia. WHO menyebutkan bahwa ada 84 juta manusia meninggal yang diakibatkan oleh kanker selama tentang waktu 2005 hingga 2015.

Jenis Kanker Yang Mematikan
Penyakit kanker dapat diderita oleh siapa saja baik tua maupun muda, tanpa memandang status sosial dan jenis kelamin

Pada hari kanker sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari, WHO mencatat bahwa hampir sekitar 80% kematian yang disebabkan oleh kanker yang terjadi di negara-negara yang berpenghasilan menengah dan rendah. 

Dan bahkan sekitar seperempat kasus diantaranya menyebutkan bahwa kematian terjadi sebelum usia 60 tahun.  

Mayoritas kasus kanker pada umumnya muncul disebabkan karena kebiasaan serta pola hidup yang tidak sehat. Tetapi dengan cara memodifikasi gaya hidup, dapat mencegah resiko terserang kanker sebesar 30%. 

gejala kanker metastasis

Inilah beberapa jenis kanker yang mematikan dan menempati pertingkat teratas seperti yang diumumkan oleh WHO: 


Kanker ini adalah jenis kanker yang paling mematikan baik pada pria maupun wanita. Lebih banyak kasus kematian yang disebabkan karena kanker paru-paru dibandingkan dengan kasus lain seperti kanker payudara, kanker kolon maupun kanker prostat. Meskipun ketiga jenis kanker tadi digabungkan menjadi satu. Penyebab utama kanker ini adalah kebiasaan merokok. Semakin banyak rokok yang anda hisap serta semakin awal usia anda saat mulai merokok, maka akan semakin besar juga resiko terkena kanker paru-paru. Dan hingga saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa merokok dengan rokok yang memiliki kandungan tar yang rendah dapat menurunkan resiko terkena kanker paru-paru. 

Beberapa jenis kanker juga dapat mempengaruhi lambung. Terjadinya Adenokarsinoma adalah tipe paling umum untuk jenis kanker parut. Kanker ini pada umumnya berkembang dan dapat ditemukan pada lapisan lambung. Namun seiring dengan berjalannya waktu, keberadaan kanker ini juga mulai berkurang. Banyak ahli yang berpikiran bahwa penurunan ini terjadi karena perubahan gaya hidup seperti mengurangi konsumsi garam serta merokok. 

Kebanyakan kasus yang menyebabkan terjadinya kanker hati adalah disebabkan oleh sirosis yaitu penyakit hati kronis yang merupakan hasil terakhir dari kerusakan hari kronis. Penyakit sirosis hati umumnya disebabkan karena penyalahgunaan alkohol.  

Tumbuhnya kanker kolorektal bisa terdapat pada kolon atau usus besar maupun pada rektum atau bagian ujung usus besar. Pada umumnya hampir semua kanker kolrektal terjadi karena adanya polip yang bersifat  jinak yang lama kelamaan menjadi ganas atau yang biasa disebut kanker. Kanker ini menduduki peringkat ke 4 bila dilihat dari segi jumlah kasus kematian yang disebabkannya. Dan kanker kolorektal juga merupakan kenyebab kematian ke dua di dunia, yang dipengaruhi oleh faktor usia. 

Terjadinya kanker payudara disebabkan karena adanya tumor ganas yang tumbuh pada bagian dalam jaringan payudara. Pertumbuhkan kanker ini dapat terjadi pada bagian dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikta pada payudara. Di Indonesia, kanker payudara masih menjadi penyakit yang sengat mematikan yang menduduki peringkat pertama pada wanita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar